Tradisi Pasang Tarub di Pernikahan Warga Padukuhan Mentobayan

Administrator | 12 Maret 2020 20:11:36 | Berita Desa | 25 Kali

Salamrejo - hari ini, Kamis Pahing tanggal 12 Maret 2020 mulai pukul 07.30 WIB telah dilaksanakan sebuah tradisi adat pasang Tarub di rumah bpk Saijo Utomo RT 10 / RW 05 Padukuhan Mentobayan. Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu bagian awal dari Hajatan Mantu (Upacara Pernikahan).

Sesuai dengan Tradisi Jawa, dalam pemasangan Tarub masing sangat kental dengan nuansa gotong royong dan kebersamaan. Para warga membantu pelaksanaan pasang Tarub yang diawali pembuatan blegetepe (anyaman daun dari daun kelapa yang hijau), kemudian dirangkai bersama janur kuning dan rangkain daun-daun yang khas untuk menghias pintu gerbang tempat perhelatan.

Rangkaian janur dan daun-daun mengandung makna yg luhur dalam adat jawa, salah satunya adalah sebuah harapan agar  pengantin senantiasa mendapatkan kebahagiaan, kemakmuran seperti hijaunya dedaunan yang dipajang. Acara pasang tarup biasa dirangkai dengan kenduri wilujengan sebagai simbol dan wujud permohon kepada Tuhan yang Maha Esa agar rangkaian hajatan diberikan kelancaran dan keselamatan. 

Salah satu kegiatan tradisi pernikahan adat jawa ini memiliki nilai-nilai filosofis yang sangat mendalam dan memiliki hubungan yang erat dengan cerminan masyarakatnya. ini adalah sebuah kekayaan tradisi dan budaya adiluhung yang perlu kita lestarikan sebagai untuk warisan budaya bagi anak dan cucu kita.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator Kalurahan untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : SALAMREJO, SENTOLO, KULONPROGO
Kalurahan : SALAMREJO
Kapanewon : Sentolo
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55664
Telepon :
Email : jlegongsalamrejo@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung